Rabu, 12 November 2014

Philae Lander Adalah


Philae over a comet (crop).jpg

Helmi Blog - Philae Lander | Mesin pencari ternama, Google, ikut merayakan sejarah pendaratan probe Philae di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko (67P/CG).  Lewat Google doodle tentunya.
Google doodle hari ini menunjukkan gambar unit pendarat (probe) Philae yang berada ditengah-tengah Google doodle. Philae diapit huruf GO dan GLE. Menggantikan satu huruf 'O' dalam tulisan GOOGLE.


Philae adalah probe pertama yang berhasil didaratkan di permukaan komet pada Rabu (12/11/2014). Philae sendiri diangkut oleh pesawat orbiter Rosseta, dan diberi nama Project Rosetta.

Misi utama Philae adalah mendarat di permukaan komet 67P dan mempelajari komposisi elemen, isotopik, molekul dan mineral komet. Selain itu Philae juga digunakan untuk mengenali karakter fisik permukaan dan bawah permukaan dari komet.


Philae diluncurkan pada 5 Maret sepuluh tahun lalu. Pada tahun 2014 Rosetta, pengangkut Philae, yang diciptakan oleh European Space Agency resmi diluncurkan. 


Berikut Ulasan tentang Philae lader di kutip dari wikipedia :D
Philae Lander adalah robot European Space 
Agency pendarat yang menyertai pesawat ruang angkasa Rosetta sampai mendarat ditunjuk pada Comet 67P / Churyumov-Gerasimenko, lebih dari sepuluh tahun setelah meninggalkan Bumi. Pada tanggal 12 November 2014, pendarat mencapai touchdown dikendalikan-yang pertama pada inti komet. Instrumen diharapkan untuk mendapatkan gambar pertama dari permukaan komet dan membuat yang pertama dalam analisis situ untuk menentukan komposisinya.

Pendarat ini dinamai Pulau Philae di sungai Nil, di mana sebuah obelisk ditemukan dan digunakan, bersama dengan Rosetta Stone, untuk menguraikan hieroglif Mesir.


Mission

Misi Philae adalah untuk berhasil mendarat di permukaan komet, menempelkan dirinya, dan mengirimkan data dari permukaan tentang komposisi komet. Tidak seperti probe Deep Impact, yang dengan desain melanda komet Tempel 1 yang inti pada 4 Juli 2005, Philae bukan penabrak. Beberapa instrumen dan pendarat yang digunakan untuk pertama kalinya sebagai sistem otonom selama terbang lintas Mars pada 25 Februari 2009. CIVA, sistem kamera, kembali beberapa gambar sementara instrumen Rosetta yang dimatikan; ROMAP mengambil pengukuran dari magnetosfer Mars. Sebagian besar instrumen lain perlu kontak dengan permukaan untuk analisis dan tinggal secara offline selama terbang lintas tersebut. Perkiraan optimis panjang misi "4-5 bulan".

tujuan ilmiah
Tujuan ilmiah fokus misi pada "unsur, isotop, molekul dan mineralogi komposisi bahan komet, karakterisasi sifat fisik permukaan dan bawah permukaan material, struktur skala besar dan lingkungan magnetik dan plasma inti."

Landing


Pada tanggal 12 November 2014, Philae tetap melekat pada pesawat ruang angkasa Rosetta setelah rendezvousing dengan 67P komet / Churyumov-Gerasimenko. Pada 15 September 2014, ESA mengumumkan Site J, bernama Agilkia menghormati Agilkia Island oleh sebuah kontes publik ESA, pada "kepala" dari komet sebagai tujuan pendarat itu.



Serangkaian empat cek Go / Nogo dilakukan November 2014. Salah satu tes terakhir sebelum detasemen dari Rosetta 11-12 menunjukkan bahwa pendorong gas dingin pendarat itu tidak bekerja dengan benar, tetapi "Go" diberikan.  Philae terlepas dari Rosetta pada 12 November 2014 di 08:35 UTC, mendarat tujuh jam kemudian pada 15: 35.A dikonfirmasi sinyal pendaratan diterima pada pukul 16.03 UTC.

Dalam update dari LCC di live streaming ESA di 16:42 UTC, diumumkan bahwa analisis telemetri menunjukkan bahwa pendaratan lebih lembut dari yang diharapkan, tetapi bahwa tombak itu tidak dipecat setelah mendarat, dan bahwa pendorong belum dipecat. pembacaan selanjutnya menunjukkan bahwa pendarat mungkin melayang dari komet setelah dampak dan mendarat lagi. Dr Stephan Ulamec, manajer proyek Rosetta, menyatakan bahwa "Mungkin, hari ini, kami tidak hanya mendarat sekali, kami mendarat dua kali!"